Ads 468x60px

Berbicara Di depan Umum








Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh
dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri"

(QS 41:33, Al Fushshilat)

 
Public speaking atau berbicara di muka umum  sudah sangat tua usianya. Para Rasul menyampaikan risalah kenabian kepada umatnya melalui media ini. Demikian pula, Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam menggunakannya untuk berda’wah menyampaikan wahyu Allah maupun pesan-pesan agama yang lain. Dari dulu sampai sekarang public speaking masih menjadi salah satu bagian kebudayaan umat manusia yang cukup dominan dalam menyampaikan informasi, menjelaskan ide-ide, menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.

Public speaking atau sering disebut dengan pidato adalah ucapan yang tersusun baik dan ditujukan kepada orang banyak. Kepandaian berbidato sering disebut dengan rhetorika atau oratori, sedang orangnya disebut dengan rhetor atau orator. Berpidato merupakan seni percakapan yang didukung dengan penggunaan bahasa yang baik dan wawasan keilmuan yang luas. Berpidato dalam dunia pesantren sering disebut dengan khithabah dan orangnya disebut dengan khatib. Kita dapat melihat orang yang cakap dalam berpidato dalam forum-forum kenegaraan, pengajian, ceramah, diskusi, debat, kampanye, pelatihan, dan lain sebagainya.
 
        Berbicara di depan publik saat ini telah menjadi kebutuhan semua orang karena di era kompetisi yang serba cepat seperti sekarang semua profesi menuntut kemampuan kita  untuk dapat Berbicara di depan Publik serta melakukan presentasi dengan  baik. Mulai dari profesi Marketer, Sales, atau Pemimpin perusahaanm bahkan pelajar sekalipun, publik kini menuntut sebuah profesi  mampu menjelaskan secara lisan apa yag menjadi isi pemikirannya, isi proposalnya, kehebatan produk atau jasa yang ditawarkannya.
 
      Public Speaking Skill dan Technics bukan hanya anugerah, Public Speaking Skill bisa dipelajari dan dipahami jika kita mau menggunakan waktu luang kita untuk berlatih dan memupuknya. Karena “Ia” sebetulnya telah ada di dalam diri anda sejak kita lahir ke dunia ini.  Dengan melatihnya, saya yakin  semua ketakutan anda akan  sirna dan pupus.

       Pertanyaannya sekarang : Maukah kita mempelajari dan mengundang PUBLIC SPEAKING dari dalam diri kita untuk mengalahkan semua ketakutan kita? Kalau kita belum mampu mengalahkan ketakutan dalam diri kita sendiri, kita sedang berhadapan dengan musuh paling besar dari SUKSES. Sebab untuk mendapatkan SUKSES diperlukan kemauan untuk mengalahkan ketakutan dari dalam diri sendiri, Termasuk Tidak terlalu cepat membayangkan hal-hal yang negatif seperti : Bagaimana ya jika saya salah berbicara di depan publik?, Bagaimana ya kalau saya banyak mengatakan eeehhmm, aaahh  atau Verbal Graffiti dalam presentasi? Bagaimana kalau tangan saya berkeringat??
 
     Semua itu hanya halusinasi anda yang hanya akan mematikan PUBLIC SPEAKING SKILL anda. Semua bisa dipelajari, Semua ketakutan bisa  dikalahkan, dengan kemauan anda untuk meraih SUKSES.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...