Ads 468x60px

Contoh Klarifikasi Isu Kontroversial Sebuah Perusahaan






               Beberapa waktu yang lalu, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang fashion, Benetton mempublikasikan sebuah iklan yang sangat kontroversial di seluruh dunia. Iklan yang berjudul Unhate ini menampilkan tokoh-tokoh dunia yang berciuman dengan penuh kemesraan. Benetton melalui iklan ini bermaksud menyebarkan virus perdamaian dan kasih sayang ke seluruh dunia. Dan penampakan tokoh-tokoh dunia yang sering berselisih sedang berciuman dipandang cukup mewakili hal tersebut. Namun yang terjadi adalah perusahaan ini menuai kecaman dan kritikan di seluruh dunia. Oleh karena itu, di sini saya akan mencoba bertindak selaku PR-nya Benetton untuk mengklarifikasi masalah tersebut demi memulihkan citra perusahaan ini melalui sebuah press release.Ini hanya merupakan sebuah simulasi, bukan klarifikasi sebenarnya. Karena saya bukan salah satu karyawan Benetton dan tidak pernah dibayar oleh benetton unutk melakukan hal ini.

               Sehubungan dengan iklan komersial yang pernah kami buat dan publikasikan beberapa waktu yang lalu, Benetton secara resmi meminta maaf dan ingin memberikan klarifikasi atas hal tersebut.
            Iklan tersebut kami buat atas dasar keprihatinan kami atas sejumlah isu-isu mengenai perdamaian yang terjadi di seluruh dunia. Konflik Israel – Palestina yang tak kunjung usai, perang urat syaraf antara pemerintah Amerika Serikat dan Venezuela, ketegangan antar negara bertetangga Korea Utara – Korea Selatan, dan banyak lagi peristiwa – peristiwa yang sangat disayangkan untuk terjadi. Dari hal – hal tersebut kami berinisiatif untuk mengkampanyekan perdamaian  ke seluruh dunia dengan cara yang telah kami lakukan tersebut, yaitu melalui iklan. 
            Kami sengaja menampilkan gambar – gambar yang ironis dan provokatif dalam iklan- iklan tersebut. Hal tersebut kami lakukan semata – mata untuk citra rekonsiliasi dan  menstimulasi refleksi akan kondisi politik terkini, kerukunan beragama terkini. Kami ingin memerangi budaya kebencian dalam segala bentuknya. Seluruh penduduk dunia haruslah memiliki toleransi dan kasih sayang satu sama lain. Perang dengan segala macam alasannya harus dihentikan. Perdamaian tercipta di seluruh dunia, itulah keinginan kami.
            Kami menggunakan foto – foto sejumlah tokoh besar dunia semata – mata untuk merepresentasikan perdamaian itu sendiri melalui sosok – sosok berpengaruh tersebut. Pada awalnya kami meyakini siapapun yang akan melihat iklan tersebut akan tergugah semangat toleransi dan kasih sayangnya karena besarnya pengaruh tokoh – tokoh tersebut di dunia. Seorang presiden dari sebuah yang sedang bersitegang dengan pemimpin negara lain saja dapat berdamai dan menghilangkan kebencian satu sama lain, apalagi masyarakatnya. Pemimpin sebuah agama dapat menunjukkan rasa toleransi dan kasih sayang kepada pemimpin agama lain, apalagi antara para penganut agama – agama tersebut. Itulah sebenarnya pesan yang ingin kami sampaikan. Pesan perdamaian dan toleransi yang kuat kepada seluruh masyarakat dunia.
            Namun seiring dengan dipublikasikannya iklan – iklan tersebut di outlet – outlet kami yang terdapat di kota –kota besar dunia, kontroversi dari segala penjuru dunia bermunculan. Baik dari pemerintah negara – negara yang pemimpinnya kami jadikan model di dalam iklan kami maupun tokoh – tokoh agama, dalam hal ini Kristen dan Islam. Banyak protes yang dilancarkan terhadap iklan tersebut. Maka dari itu melalui artikel ini kami ingin meminta maaf kepada umat Islam dan Katolik di seluruh dunia yang tersinggung dan tersakiti hatinya karena penggunaan kedua tokoh besar dari masing – masing agama tersebut sebagai model dari iklan ini. Permohonan maaf ini secara resmi juga kami tujukan kepada pemerintah Amerika Serikat, China, Perancis, Jerman, Korea Selatan dan Utara dan Venezuela.
            Iklan – iklan tersebut dalam beberapa waktu ke depan akan kami tarik dari outlet –outlet kami yang ada di kota – kota besar dunia. Sehingga kontroversi yang terjadi tak berlanjut lebih lama. Terakhir, melalui artikel ini kami tetap ingin mengumandangkan pesan ke seluruh dunia agar dapat menciptakan perdamaian, toleransi, dan kasih sayang antar sesama. Marilah kita ciptakan dunia yang aman dan tenteram tanpa ada konflik dan peperangan. Karena kedua hal tersebut dilakukan dengan alasan apapun takkan pernah menghasilkan sesuatu yang baik setelahnya. Semoga seluruh masyarakat memahami pesan ini dengan baik sehingga dapat tercipta keadaan dan situasi yang ideal di seluruh dunia.



0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...